Semudah Menghargai Karya Orang Lain

Duh sebelumnya punteeeeeeen pisan kalau ada orang2 yang merasa karyanya gue tiru. Sok atuh ditunjuk yang mana yah, dan kalau emang itu gue meniru atau terinspirasi dari kalian, gue akan tulis credits kalau memang belum gue lakuin.🙂

Jadi gini, sejak gue kuliah S1, dosen2 gue gak pernah berhenti dan bosen nyerewetin mahasiswanya untuk gak jadi copycat apalagi plagiat. Ancamannya ngeri bo, dibredel gelar akademiknya. Mampus gak sih capek2 mahal2 kuliah terus gelarnya kebuang cuma perkara plagiat. Dan ngerinya, sesimpel lupa masukin referensi udah bisa jadi justifikasi buat nyebut seseorang itu plagiat. Wew.

Dan itu kebawa sampe sekarang, even in my daily life. Jadi perkaranya begini sodara2, gue menemukan beberapa signature pose dari kunyil2 gue di socmed yang ditiru tapi kagak put my name in the credit. Yah gue mah bukannya mau tenar apa gimana yah, cuma dong sopan santunnya aja sih.. Lagian ini urusannya sama kreativitas gitu. Kalau mau sok serius mah bawa2 hak kekayaan intelektual. Tsaaaah..

Cuma ya lagi2 kan ya, gak semua orang menerapkan standar yang sama kayak gue. Buat sebagian orang, apa yang bikin gue kesel itu gak penting karena ya foto atau tulisan doang. Tapi balik lagi, skala prioritas orang beda cuy. Gue males menjelaskan panjang kali lebar kali tinggi karena ya gak perlu juga gue share semua masalah gue ke socmed kali. Pun gue males sebenernya main no mention-no mention gini.

Gue cuma pengen tau aja sih ada yang masih peduli gak sih sama isu2 beginian, sama seberapa badak sih orang yang ku-nomention itu. Itung2 nambah skill observasi ya tooooh.. Mwahahaha lumayaaaan nambah skill dikit2😆

Yah intinya sih baek2 berinteraksi di socmed. Ide otentik bisa dicolong orang sekate2, kalo mau nyontek juga kudu ati2, ngeles kalo kegeb nyontek kudu mulus, sama jadilah pengamat yang baik. Hihihi..

P.S. Karma does exist, I believe in that. I just hope it won’t hurt you too much when the time comes😉
Selamat malam!

Posted from WordPress for Android

Leave a Reply

