lesson learned: Office 2013 crash

Minggu lalu gue install Office 2013 demi oh demi bisa install Visio juga, berhubung kadung dapet installer yang 64 bit dan kampretnya waktu Office 2010 gue install ulang malah dikasih yang 32 bit. Bangke.

Tiba2, udah beres install menginstall, Word-nya crash, sodara2. Word. Doang. Aslik! Gak bisa dipake. Mampus gak tuh. Mana deadline segunung, panik tah. Bodohnya, gue bukan googling dulu malah langsung bawa ke tukang servis di Depok. Sampe sana anuanuanu disuruh install ulang Windows karena udah kena Windows-nya. Percaya aja lah gue.

Singkat cerita, prosesnya cukup traumatis dan laptop gue baru bener2 bisa dipake hari Sabtu malam setelah dicoba beresin dari hari KAMIS!!!!!! Mau murka, sungguh.. Tapi sekarang diinstall Windows 7 Ultimate, karena gue ogah pake yang Home Basic karena kemaren dari HP dikasihnya Home Basic rasa Ultimate. Wek!!

Setelah beres, beres juga kah Word gue? Nggak, crash lagi. Cukup, gue murka semurka2nya, jadi gue googling dan gue menemukan jawaban ini:

Kalau Word/Excel/PowerPoint crash di Windows 7, coba pijit tombol Windows + R, masuk deh ke menu Run. Ketik WinWord/safe atau gimana ya tulisannya, punten gue lupa. Pokoknya gimana caranya masuk ke safe mode. Nah, dari sana, masuk ke menu add-in *apa add-on? lupaaaakk* terus dimatiin tuh semua add-in yang ada. Setelah itu, di-close, insha Allah ber-ha-sil dan kembali seperti seharusnya.

Etapi daku nggak tau ya kalau di Windows 8 gimana urusannya, mungkin sih sama..😀

Buat gue, ini pelajaran berharga, 125 ribu kebuang sia2, waktu, tenaga, pikiran, ya udahlah, gue jadi nambah ilmu dan besok2 gak mau dateng ke tukang servis itu lagi.

Lagian, tau gak sih lo pada, sebenernya laptop wabil khusus merk HP itu punya sistem recovery sendiri, yang mana sebenernya kata2 install ulang di tukang servis tuh gak selamanya install ulang. Pas waktu itu install ulang, laptop gue ternyata cuma di-reset, kalo di handphone sih namanya restore factory setting. Gue baru tauuuuuuu dan selama ini tukang servis gak ada yang mau nyeritain. Ya eyalah, masa buka rahasia dapur? Pas kemaren gue semi murka baru dibilangin. Hah!

Kesel nggak chie? Pastinya, tapi kadang kita kudu learn the hard way buat ngerti. I tried to let it go, meskipun guondok muaksimal. Ya udahlah, anggep aja duit gue ilang dan gue itung amal deh. Yang penting sekarang Word gue udah bisa dipake ngetik dan untung ini kejadiannya sekarang, jangan sampe kejadian pas tesis dan gue panik karena nggak ngerti. Well, things happened for a reason, right?😉

Jadi, tukang servis apa chie? Lo cari aje deh yang terkenal di Margonda deket kampus tetangga. Pasti nemu. Orang terkenal kok. Hahahaha..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s