tiga minggu jadi translator :D

Waktu itu mau cerita soal kerjaan gue kemaren tapi gak jadi gara2 terus deadline UTS berantakan semua.😀

Jadi kira2 3 mingguan kemaren, gue bantuin peneliti dari Belanda namanya Inez, operan kerjaannya mamamil karena dia udah mau lahiran dan gak boleh pecicilan lagi. Selain karena mamamil yang minta, gue kebetulan juga pernah denger tentang topik penelitiannya Inez, pendidikan kecakapan dini yang mana di dalemnya ada pendidikan seks untuk anak usia dini. Monggo dicari di Google, namanya program Aku dan Kamu.🙂

Nah, kerjaannya ngapain? As simple as jadi translator. Jadi gue wawancara anak2 TK gitu, ngajuin pertanyaan, terus abis anaknya jawab, gue langsung translate ke Inez yang bakal nyatet jawabannya di lembar observasi yang udah dia siapin. Pertanyaannya ada sekitar 50, tapi gak bakal berasa karena kayak kata Icha, sekali nanya gue bisa ngebabat 4-5 pertanyaan sekaligus. Hahaha..

Tadinya, gue sempet agak ragu buat nerima tawaran mamamil. Duileeee, wawancara anak TK?? Macam gue bisa aja. Gue kan ga doyan anak kecil. Tapi ternyata setelah dijalanin, aku sukaaaa! Anak2 TK yang gue wawancara itu oh so cute! Awal2nya doang pada jaim. Udahannya ngajak tos mulu sampe pegel. Belom lagi sesi poto2 di mana mereka ga mau berenti dipoto aja dooong! Hahahaha.. Cuma tetep gue gak tahan kalo udah pada jejeritan. 1 anak jejeritan gue fine, tapi kalo udah 5 orang, makasih lho. *elus2 kuping*

To be honest, gue seneng ketemu dan kenal sama Inez. Satu, Inez seumuran sama gue jadi obrolannya nyambung. Mulai dari isu2 tesis, sampe masalah pacar. Curhat2an pula kita jeng. Emang yah dimana2 gak boleh banget cewek2 ngumpul. Ujung2nya curhat booo. Sampe2 dia berantem sama pacarnya yang LDR gara2 dia lagi penelitian di Indo aja dia cerita dan nanya pendapat gue. Hihihi.. ya kita jadi ngebandingin sama mamamil sih, ratunya LDR.😆

Surprisingly, ada beberapa value yang ternyata sama antara gue dan Inez, dan ini bikin obrolan buat adaptasi jadi lancar. Ya bagemana bok, gue dilepas berduaan doang sama ini orang. Sama orang Indo aja gue suka gagu gak tau mau ngomong apa, masa sama bule ngomongnya kalo gak traffic ya weather? -_-“

Terusnya gue jadi tertarik sama topik penelitiannya Inez karena itu juga kan bagian dari intervensi sosial tapi yang dikerjain sama institusi. Ceritanya gue mau minta jurnalnya dong kalo dia udah selesai nulis tesis. Eh dasar ini orang baiknya minta ampun gak tau dia makan apaan, dia mau ngasih file tesisnya ke gue.. Termanis deh kamuuuu.. :’)

Pas hari terakhir penelitian kita sempet tukeran kado aja dong. Hahahaha.. Inez ngasih gue gantungan kunci sama fridge magnet Amsterdam. Gue standar lah ngasih pashmina batik, bahannya silk apa chiffon gitu gue lupa. Terus atas prakarsa bapak Mbee, ngasih kartu Magic juga yang gambar Angel, as a good luck charm buat dia.

Kemaren Inez-nya udah pulang ke Holland, actually I missed her a bit sih. Mengutip dia,

It’s weird and amazing that you met someone, build a friendship, and get close in a very short time, and then in the end you have to say good bye and don’t know if you’re going to see each other again or not.

Tadinya gue pikir itu cheesy2nya dia aja, ternyata pas udah selesai kerjaannya kok ya bener banget omongan dia. Hahahaha..

So Inez, wherever you are right now, I’m wishing you tons of luck in everything you do. See you when I see you again! :’)

*dan si bodoh Andrina gak poto bareng Inez aja dooooong.. :lol:*

2 thoughts on “tiga minggu jadi translator :D

Leave a Reply

