kuliah S2 sambil kerja

As today is my last day at work, gue mau sharing ah apa rasanya kuliah S2 sambil kerja. Kali2 ada yang lagi considering untuk kuliah sambil kerja juga. This is my point of view, dan kalo beda sama yang lain……… ya namanya juga bhinneka tunggal ika. Biar berbeda hatinya tetap satu.๐Ÿ˜€ *dikepruk*

Soooo, dari awal kuliah gue memang pengen sambil kerja mengingat jadwal kuliah gue ya hari Jumat-Sabtu doang. Jumat pun sore baru mulai. Awal2 kuliah gue memang sengaja gak kerja dulu, masih cek2 ombak ceritanya. Tapi lama2 bosen juga, akhirnya gue pun mengiyakan sebuah tawaran kerja. Pikir gue, tempat ini bisa ngasih dispensasi buat gue di hari Jumat ketika kuliah.

Oh iya, buat yang lagi considering untuk kerja padahal masih kuliah dan lagi kerja tapi pengen kuliah, please please please make sure bahwa perusahaan tempat kerjanya BISA DAN MAU ngasih dispensasi waktu dan izin gak masuk kalo harus ke kampus buat urusan kuliah. Buat yang kuliah dibayarin sama perusahaan sih pasti dapet dispensasinya gak susah2 banget ya, tapi buat yang swasembada pangan bayar kuliah ini yang agak tricky.

Buat yang lagi kuliah dan lagi proses rekrutmen, state dulu aja ke perusahaan yang dilamar kalo lo lagi kuliah. Beberin deh tuh jadwal kuliah lo, kemungkinan kapan lulus, tingkat kesulitan jurusan lo. Kalo perlu, ceritain juga deh gambaran mata kuliah yang diambil tiap semester. Tujuannya apa? Biar ada win-win solution antara lo sebagai pelamar kerja dan perusahaan yang dilamar. Misalnya ada 1 hari kerja yang ternyata lo cuma bisa masuk setengah hari, maka itu harus udah jadi kesepakatan di awal. Gak ujug2 sehingga perusahaan gak ngerasa ditipu dan lo sebagai pelamar juga gak ngerasa perusahaan gak pengertian. *ini mau lamar kerja apa pacaran sih??*

And theeeen, please make sure bahwa package yang lo dapet dari kantor itu sudah all in. Dalam artian, gak ada itu yang namanya gaji dipotong karena jam kerja lo berkurang gara2 kuliah. Itโ€™s always okay to ask and negotiate ketika interview sama orang HRD dan user. And pleaaase, when it comes to salary offering, baca baik2 perjanjian kerjanya. Point by point. JANGAN PERNAH SKIMMING ketika baca perjanjian kerja. Karena kalo lo udah tanda tangan di atas materai, ya itu udah punya kekuatan hukum yang sah. You donโ€™t want end up fighting with the company in the court over small things you both sweat, right?๐Ÿ˜€

Nah, buat yang lagi kerja tapi pengen kuliah, kindly speak to your direct report first. Selalu, selalu ngomong dulu sama atasan lo. Apakah kuliah bisa menunjang karier lo di perusahaan yang sekarang. Apakah akan ada dispensasi bagi load kerja lo ketika lo kuliah. Apakah atasan dan teammates lo bisa ngerti kalo lo jadi susah diajak kabur atau hang out karena harus kuliah. Endesbre endesbre and the list keep going on.

Kalau sudah dapat dua2nya terus gimana?

First, yang harus dipikirin adalah gimana bagi waktunya. Gue gak mengalami kuliah sambil kerja ketika S1. But Iโ€™d ask Mbee for his experience and write another post here *tapi ndak janji yawww. Hehehe..*

Nah di kuliah S2 ini, bebannya of course lebih berat daripada S1. Tugas2nya lebih bikin sinting dan jedot2in kepala. Gambarannya begini: gue kerja hari senin-kamis. Jumat sore udah kuliah lagi fulllll sampai Sabtu sore. Jadinya gue ngerjain tugas harus sepulangnya dari kantor atau manfaatin jam istirahat. Dan karena gue juga gak suka dateng mepet kalo pagi, gue biasanya punya waktu sekitar 30 menit begitu sampai kantor untuk ngerjain tugas dulu. Easy? No.

Tugas2 gue rasaan isinya kalo gak presentasi ya bikin paper. Susahnya adalah karena mood nulis itu gak selalu lancar. Ya sebelas dua belas lah sama blogging kalo buat gue mah. Kalo lagi mood ya harus dikerjain sampe mabok baru berhenti. Kalo disela2 ngerjain yang lain ya keburu bubar mood dan idenya. Solusinya? Beberapa orang sih begadang. Gue sebagai orang yang susah banget begadang ya memanfaatkan hari Jumat pagi atau hari Minggu. Pas lagi UAS kemarin gue hampir sebulan gak pulang ke Bekasi. Tiap Minggu ngendon doang di kamar atau ke kampus buat ngerjain tugas.

And I have told you here about how much I love my postgraduate study, right? Nah, itu membuat gue gak rela kuliah gue harus ngalah sama kerja. Ngalah gimana Chie?

Ngalah maksudnya gini. Sometimes, ada situasi di mana lo dihadapkan pada pilihan lo harus masuk kuliah tapi ada meeting penting. It sucks karena dua2nya cencu penting bagi lo. Bagi lo ya, soalnya bagi gue, kuliah tetep numero uno. Gue gak rela cabut kuliah gara2 urusan kantor. Adanya gue bisa gak masuk kantor gara2 urusan kuliah. Mwahahahahaha.. Ini sungguh bukan pegawai yang baik. :p

Gini lho, bagi gue yang rada2 obsessed pengen belajar sebanyak2nya di S2 ini, rasanya gak ikhlas kalo gak masuk gara2 urusan kerjaan. Gue sering kok cabut kuliah filsafat sama KAUP kemarin. Tapi cabut itu gue tetep nongkrong di kampus. Biasanya gue sambil ngerjain tugas yang lain. atau browsing jurnal since mayoritas portal jurnal cuma bisa dibuka di kampus. Kenapa bisa bolos? Soalnya materi filsafat gue gak minat dan ujiannya take home. Kalau KAUP materinya gak berubah dari S1 dan tugas akhirnya pun makalah kelompok. So, gue berani2 aja cabut 2 mata kuliah itu.๐Ÿ™‚

But anywaaaay, pilihan mana yang lebih bermakna itu balik lagi ke skala prioritas masing2. Buat yang ngerasa pekerjaan lebih penting dari kuliah, feel free untuk menomorduakan kuliah demi kerjaan. But for me, I just canโ€™t do that. Itu sih yang jadi alasan gue untuk resign. Karena ternyata berat banget buat gue untuk bisa jadi full time postgraduate student tapi kerjanya juga full time. So, I chose to write my resignation letter and say goodbye to corporate works at least sampai gue wisuda.

In the meantime, gue yang gak bisa diem ini akan jadi PSK alias Pekerja Serabutan Komersil alias pekerja freelance aja. Pengen balik ngerjain asesmen lagi, pengen kursus ini itu, pengen buka Axioo versi muce (murah dan kece) sama Mbee. Ah so many plans. Tapi yang paling penting, doakan aku ya supaya nilai2ku jadi bagus karena bisa full fokus kuliah..๐Ÿ˜€

P.S. Buat yang lagi considering kuliah S2 sambil kerja, boleh lho diskusi sama gue. Feel free to e-mail me or twit me. Iโ€™m not sharing my phone numbers to strangers kecuali udah deket banget soalnya. :โ€D

42 thoughts on “kuliah S2 sambil kerja

    • Hmm.. Kerjanya di bidang apa dan S2nya jurusan apa? Soalnya akan ngaruh banget bidang kerja sama jurusan yg dipilih.. Kalo gue krn di jurusan banyak banget tugas dan turun lapangannya jd agak susah kalo sambil kerja..๐Ÿ˜€

  1. Rencana ambil s2 saat weekend, kerja senin-jumat di surabaya, kuliah di malang. Khawatir thesisny g kelar

    • Wah kalo itu bener2 tergantung orangnya juga mba. Soalnya temen sekelasku tinggal di Bandung, banyak keluar kota. Kuliah di Depok tapi so far so good. Nilai2nya bagus2 padahal jurusanku susah. Hahaha

  2. Treat yang bagus..๐Ÿ™‚

    Saya rencana mau ambil s2 kelas karyawan juga, jumat dan sabtu… tapi takut gak kelar kuliahnya, krna senin-jumat jga kerja……

    kerja di di purwakarta n rencna kul S2 di U* Salemba jakarta. plese masukannya yg udah pengalaman…๐Ÿ™‚

    • Hehehe.. aduh jadi gak enak dibilang udah pengalaman..
      Kuliahnya jurusan apa kah? Temenku 1 jurusan ada yang kerja di Bandung dan kuliah di Depok, tapi memang kalo hari jumat dia dapet dispensasi dari kantor untuk half day atau kadang2 gak kerja. Jadi siang udah bisa nyampe Depok buat diskusiin tugas kelompok yang gak selesai dikerjain via e-mail.
      Mungkin bisa didiskusiin sama orang kantor bisa gak hari jumat dapet dispensasi, karena lumayan juga lho dari Purwakarta ke Salemba kebayang macetnya sore2..๐Ÿ˜ฆ
      Ayo semangat sekolah lagi!๐Ÿ˜‰

      • thanks.
        T.Industri sis…. nah, minta dispensasinya itu yang bakal susah,, ;(
        dengar2 sih msuk jam 7 kalo jumat. tapi itupn trgntung dosenny, ,,

      • Wah, iya mesti ditelaah banget tuh, soalnya ada temen beda jurusan, harusnya kuliahnya cuma Jumat-Sabtu tapi karena dosennya gak bisa, jadi kuliahnya dipindah ke hari Senin siang2. Kasian yang ngantor..๐Ÿ˜ฆ

  3. Q jg pengen kuliah, tap juga pengen sambil kerja,, sudah daftar sih kmren S2 di IPB,
    tp katanya senior yag sudah kuliah di IPB katanya kuliahnya padat bangeet, gag mungkin bisa kerja katanya kalau masih smester 1-2, padahal Q langsung pengen kerja pada semester awalโ€ฆ, gmn duuunng????????????

    • Haduuuhhh maaf baru dibales yaaa.. Baru sempet buka blog lagiiii >.<
      Kuliahnya jurusan apa? Tiap jurusan beda2 soalnya, jadi apa yg aku share di sini juga sebenernya gak bisa jadi patokan banget2 lho..๐Ÿ˜€
      Kalo boleh aku tau, Nurma lebih prioritasin kuliah apa kerja? Soalnya gak bisa lho berharap dua2nya jalan dengan maksimal. Kalo kerjanya freelance mungkin bisa, tapi tetep aja, pasti ada yg harus ngalah pada akhirnya..๐Ÿ™‚

  4. mbak..akhirnya aku menemukn blogg ini jugaa..aku cari2 pengalaman yg kerja sembari kuliah S2. Aku ada rencana S2 jg mbk tahun depan, S1ku sastra inggrs dan ingin ambil linguistik, sygnya waktunya gk ada yg pas karna rata2 kuliahnya after office hour. akhirnya diselewengkan dikit dgn rncna ambil komunikasi, kira2 kalau ambilnya kelas weekend sabtu-minggu berpengaruh sekali gk y pas ngerjain tugas dan jalanin kerja. kalau kerjanya bagian frontliner, begitu mbk….

    • Halo halo!
      Wah jujur aku kurang tau gimana pengaruhnya, soalnya mesti dilihat juga kurikulum di kampusnya kayak gimana. Berdasarkan pengalaman kuliah weekend jumat-sabtu, justru lebih berat bebannya karena semua tugas dan ujian numpuk di hari yang sama. Hahaha..
      Tapi jangan ciut yah, coba diliat dulu aja kurikulumnya gimana. Kalo ambil kelas karyawan biasanya dosennya lebih toleran sih, asal kitanya juga komunikasi ke dosennya kalo telat atau ada hambatan.
      Good luck ya! ^^

  5. Kalo aq rncana pengen kuliah lg itu udah berakar dlm diri,tp blm unt skrg sih..mgkin tahun depan atw depannya lg,setelah menikah dan smbil kerja,gmna tu?lebih rempong ya?jurusanku farmasi

    • Wah maaf mbak, aku bukan expert di bidang pendidikan. Di blog ini aku cuma sharing pengalamanku aja. Mungkin bisa tanya2 temen yang jurusan farmasi juga yang udah pengalaman S2 sambil kerja dan sudah menikah juga.

  6. Hello salam kenal,
    Tolong sharing kalau kuliah S2 itu seperti apa? Tugas kuliah itu biasanya dikumpulkan atau dijelaskan lagi di kelas?
    Aku sudah daftar di S2 manajeman, cuma ada rasa khawatir mampu nga aku kuliah nanti? Agak minder sama calon mahasiswa S2 yg nanti kuliah lebih pintar.
    Thanks infonya,
    Rani

    • Saya ga bisa sharing untuk jurusan lain karena pasti beda2 ya mba. Daripada saya udah sharing nanti beda sama jurusan saya kan salah sayanya.. tapi pastinya lebih berat dari segi kualitas dan kuantitas di banding tugas2 di S1.

      Mampu atau ngga yang penting yakin dulu aja kalo bisa. Jangan minder pokoknya, karena kalo minder gak akan maksimal nanti belajarnya..

  7. Hai mbak aku fresh graduated mau lanjut MM pengennya jadi dosen sih, tp dilain pihak saya pgn bisa pegang uang sendiri. Jd gmana ya pekerjaan apa yg cocok kalo kita sambil kulia s2 ? Terimakasihhh :)))

    • Wah saya gak bisa jawab mba. Mba nanya tapi ngasih infonya ga lengkap. Berhubung saya bukan cenayang jadi saya gak bisa jawab pertanyaannya. Terus, saya juga bukan konsultan karier jd gak punya hak buat ngasih saran ke orang, apalagi saya gak kenal orangnya. Lagian konsultan karier juga gak akan bisa jawab pertanyaan dgn info super minim begini sih.

  8. salam kenal.
    saya masih studi s1 di pendidikan teknik bangunan.
    kepengennya nglanjutin lagi s1 di teknik murni (arsitektur mungkin)
    setelah selesai kepengan langsung lanjutin s2 di teknik arsitektur juga
    tapi kepengen pegang uang sendiri dan pakek biaya sendiri.
    {ahh galau gak tuh “nich orang banyak maunya juga … !!!”. haha.๐Ÿ™‚ }
    mungkin anda bisa cerita sisi lain dari mereka yg studi s2 sambil kerja ndak ?
    sebelumnya maaf dan terimakasih.
    salam kenal.

    dan 1 lagi terimakasih karena karena artikelnya sangat bermanfaat bagi saya.

    • Halo! Alhamdulillaaah kalau tulisannya bermanfaat. Tapi punten, aku krg tau s2 teknik kisaran biaya dan programnya kayak apa.. cuma memang agak susah ya kalau habis lulus lgsg lanjut s2 pakai biaya sendiri dan ada income jg. Cara satu2nya yg kepikiran adalah kerja sambilan mulai dr skrg. Dosen teknik suka banyak proyek sampingannya kan ya.. Hahaha..
      Sisi lainnya yang kayak gimana ya? Mungkin bisa lebih spesifik? Hehe..

  9. hai mbak,
    salam kenal..
    aku ilham dari sby.
    wah finally aku nemuin tulisan yang membahas tentang kegalauan rencana kuliahku.. hehe.. bermanfaat sekali…๐Ÿ˜‰
    boleh nanya mbak, sebenarnya kenapa beban kuliah weekend lebih berat dari yang kuliah malem senin-jumat? harusnya sama aja capeknya kan?
    aku kerja bidang accounting 07.30-16.30 dan mau ambil s2 accounting senin-jumat 18.00-21.00. kerjaku santai sih, ga terlalu banyak lembur, cuman jarak kantor-kampus lewat tol 45 menit (kalo ga macet….) mmmh minta sarannya dong, harusnya aku ambil ga ya s2 nya.. udah ngebet bgt mau kuliah nih.. hehe.. thanks mbak cantik๐Ÿ™‚

    • Hai haaaai..
      Hehehe alhamdulillah kalo bermanfaat tulisannya. Aku sih personally memang bilang lebih berat krn kalo kuliah malam di weekdays kan badan sekalian tuh capeknya, weekend bisa istirahat. Kalau kuliah weekend, capeknya dobel. Badan ga ada kesempatan buat istirahat tau2 udah senin. Belum lagi kalau musim tugas sama ujian. Waduuuuh bebannya numpuk semua di hari yg sama. Sepinter apapun nyicil kalau lg musim uas keteteran juga kalo kata temen2ku yg kerjanya lebih berat dr aku.

      Kalau menurut kamu atasan di kantor fine dgn kamu kuliah, dalam artian kamu bisa ijin sewaktu2 buat ngerjain tugas atau tesis nantinya, ya aku mendukung banget. Tapi kalau atasan agak kurang mendukung mending ditunda dulu atau cari program s2 yg lebih memungkinkan. Hehe

      • thank you mbak achie, saya jadi semangat. kantor sih ngijinin bgt krn keterbatasan SDM juga cuman ya itu.. susah ngajuin dalam nominal rupiah…. kudu swasembada bayar…. hehe.. insyaallah daftar tahun depan.. semoga tulisannya berkah karena selalu menginspirasi๐Ÿ™‚ … salam๐Ÿ™‚

  10. mbak achie, thx sharing yg sangat bermanfaat.
    saya wisuda maret 2014 lalu dan sempat bekerja dari april sampai skrg.
    nah rencana saya mau resign krna mau ambil s2 dikota yang berbeda dengan tempat kerja skrg. (recana kuliah di jkt)
    nah, perkuliahan s2 nya baru dimulai maret 2015, recana saya januari saya harus dpt kerja di jkt biar bisa kuliah sambil kerja.
    jam kuliah saya jumat 17.00-21.00 dan sabtu 07.00-17.00

    yng saya agak khawatir skrg adl, bisakah sya bekerja fulltime disalah 1 perusahaan di jkt trus jumat izin pulang dluan klo memungkinkan krna perihal jdwal kuliah.

    • Wah kalau soal itu saya gak bisa jawab, mbak/mas. Sebaiknya dibicarakan sama pihak HR ketika rekrutmen. Walaupun kebanyakan HR di perusahaan akan berat mempertimbangkan menerima calon karyawan yang belum apa2 sudah minta ijin pulang lebih awal. Apakah ada jaminan mbak/mas nantinya akan setia di perusahaan tsb? Apakah ada jaminan mbak/mas bisa bekerja ekstra untuk menebus jam kerja yg mbak/mas potong karena harus kuliah? Dari pengalaman saya ya mbak/mas, jam kuliah itu akhirnya bisa mulai lebih awal karena menyesuaikan dosen. Kadang juga ada kelas pengganti yang mungkin di hari kerja. Apa anda sudah siap dengan kemungkinan2 itu? Anda baru lulus, jujur posisi tawar anda di hadapan HR juga akan lemah karena pengalaman belum sebanyak rekan2 anda yg lebih senior.

      Kalau menurut saya kenapa harus tunggu Januari? Kenapa gak secepatnya? Atau apa gak lebih baik mbak/mas bekerja dulu di Jakarta, kalau sudah settle baru kuliah? Ini opini saya pribadi karena saya juga gak tau mbak/mas kuliah jurusan apa, di universitas mana, dan bekerja di bidang apa. Menurut hemat saya jangan gegabah pindah ke Jakarta tanpa pertimbangan yg matang..

  11. Halo! Kayaknya sudah terlambat banget saya baca email ini. Nasi sudah menjadi nasi goreng. *duh garing
    Anyway, saya akhirnya terjebak dalam problematika yang cukup rumit, setidaknya menurut saya. Saya merupakan mahasiswa postgraduate tingkat akhir yang karena alasan khusus, mencoba untuk melamar pekerjaan di suatu perusahaan terkemuka di Indonesia. Terdapat dua jalur, dan kebetulan saya lolos seleksi di jalur yang paling bergengsi. Awalnya saya hanya ingin mencoba kemampuan saya dalam bersaind di dunia lamar-melamar pekerjaan, namun posisi yang saya dapatkan ternyata sangat menggiurkan. Dan, dengan hanya “SKIMMING” saja saya menandatangani kontrak pekerjaan.

    Ternyata, saya diikat kontrak selama 3 tahun yang awalnya saya kira hanya 1 tahun saja. Padahal kalo 1 tahun, saya masih bisa cuti. Di sini saya tidak ingin bertanya apa-apa, karena mungkin mbak Achie juga akan bingung menjawabnya. Saya hanya ingin mengatakan pada yang membaca ini bahwa integritas memang dibutuhkan. Ketika anda sedang mengerjakan sesuatu, maka kerjakanlah hingga selesai. Kemudian barulah beralih pada sesuatu yang lain.

    Salam,

    Alen Miftahul
    a Banker yet a student from urban development management

    • hahahahahahaha sumpah aku ngakak baca komen ini! setuju luar biasa sama mas Alen. fokus dulu sama yang sedang dikerjakan, jangan pecicilan pikirannya nanti malah gak kelar semuanya. hihihi..

      anyway sukses ya tesis dan pekerjaannya. selamat juggling! hihihi

  12. Mau tanya.

    Saya ada niat s2 ini.
    saya lulussan IT dan sekerang bekerja di bank bca syariah sebagai IT juga di jatinegara. nah saya pgn ambil s2 di binus IT lg.

    menurut kamu gmn ?
    berat ga ia kira kira

    • Halo, maaf yaaa baru sempat balas komennya.
      Hmm saya kurang tau program kuliah di Binus seperti apa, tapi ada baiknya dicek dulu program pascasarjananya. Beban kuliah dan jadwalnya terutama, soalnya BCA yaaa.. Terkenal cukup padat jadwalnya. Hehehe..

  13. Hai kakkkk …
    menginjak usia 25 aku super duper galau !!! Pengalaman kerja freelance 1 tahun + 3 bulan di stasiun tv plus 2 bulan jadi dosen tamu di kampus sendiri di jogja . Akhirnya memutuskan resign dr kantor trus berniat kuat ngambil S2 MM di prasmul .. aihh galau nya setengah mati waktu keterima . Keterima program regular, artinya kuliah fulltime senin-jumat … galau gara” ntr lulus udah usia 27 …. haih udah tuaaaaa dengan pengalaman kerja masih minim ..
    menurut kakakkk ….. baca curhatan aku, wajarkah aku galauuuuu ????
    Galau masalah usiaaa๐Ÿ˜ฆ

    • Halo Sabrinaaaa! Jangan panggil kakak plis umur kita beda cuma setahunan ๐Ÿ˜‚
      Oh tenang, akupun mengalami hal yang sama waktu lulus tahun kemaren. Jadi wajaaaaaar banget kamu galau. Syit banget umur udah mau 26 tapi pengalaman minim. Tapi tenang, kamu kan punya 2 tahun nih kuliah, selama kuliah itu kamu bisa pikirin kira2 passion kamu ke mana. Apakah ke corporate, atau ngajar, atau apa. Jangan dibawa panik, dipikirinnya kalo lagi mau tidur aja. Kerjaan kayak apa sih yang kamu pengen? Atau gini, waktu kecil, apa khayalan kamu tentang kamu pas udah gede dan kerja? Kalo aku sih dulu ngayalnya kerja pake baju rapih (as in blazer and heels), kerja gak tiap hari, bisa keluar kota sambil kerja. Alhamdulillah keturutan lho skrg. Hihihi.. Jadi coba, dibawa ngayal aja apa sih yang kamu pikirin dulu ttg kerjaan ideal. Minimal mengurangi galaunya karena kamu tahu lah the universe will help you get what you really, really want. ๐Ÿ˜Š

  14. Hai mba.. aku bca postingan ini pas banget sama yg aku galau-in. Jd aku freshgraduate br akan wisuda bulan juni 2015.jurusan hukum. Aku udah dftr s2 magister hukum bisnis. msh dlm tahap seleksi sih. Aku bingung, aku pingin kerja smbil kuliah, tp krja apa dgn lulusan tanpa pengalaman. Aku tiap hari browsing loker didaerah soloraya (domisili) yg kr2 pas buat aku lamar. Setidaknya aku digaji setara s1. Tp blm nemu yg pas. Dilain sisi galau juga krna takut keteteran kuliahnya (abis baca postingan mba) jd makin galau dah.. krna sblmnya blm prnh melamar kerja, jd saya msh polos g tau apa2 ttg bidang pkrjaan -,- takutnya salah pilih. Kr2 pkrjaan yg pas dibagian apa ya mb kl blh saran? Marketing? Admin? Atau apa yg kr2 fleksibel gt. Ga lucu bgt ktka interview akunya msh plonga plongo g tau2 minta dispensasi kerja eh akunya diketawain dah.. takut jg abis lulus s2 g pnya pengalaman apa2๐Ÿ˜ฆ

    • Halooo, maaf yaaa aku baru liat komennya. Mudah2an belum telat yaa.. Gimana keterima kah S2nya?
      Jujur aku kurang begitu paham kalau jurusan hukum, tapi sebaiknya kamu cari kerja yg nggak jauh2 dari ranah hukum, soalnya kalau admin atau marketing sayang ilmu hukum kamu lho..
      Mungkin ada senior atau dosen yang punya info lowongan kerja? Atau mungkin butuh asisten atau magang di biro hukum? Nggak ada salahnya nanya2, siapa tau memang ada kan lumayan kamu bisa tetep kuliah tapi juga kerjaan kamu sesuai dengan bidang studi kamu.๐Ÿ™‚

  15. Hai mbak saya Khafid, kebetulan ada rencana lanjut s2 di Bandung, kebetulan udah ketrima juga, mau nanya nih kira-kira pekerjaan sambilan yang umum bisa dilakuin anak s2 apa ya contohnya? khususnya di Bandung. thanks a lot…

  16. akhirnya nemu tulisan Alumni UI.
    saya lagi galau, bimbang, gundah gulana sama pilihan Magister (S2) yang ada mbak achie. saya (akan) lulus januari 2016 tapi kudu planning dari sekarang karena sedang memutar uang biar cukup mendanai S2 saya. Nah untuk memutar uang itu, saya kudu kerja sambil kuliah (atau kuliah sambil kerja ya?). ini ada pilihan magisternya mbak.

    1. Ilmu Komunikasi LSPR (London School of Public Relation), jadwal kuliah Senin, Rabu, Kamis jam 18.30-21.00 dan Sabtu jam 08.00-lupa jam berapa. Lokasi di Sudirman, Jakpus which means makan waktu 1,5 jam di jalan dari rumah saya di depok ke TKP. Magister ini ada program non tesis, kayak non skripsinya S1.
    2. Ilmu Komunikasi UI
    3. Sosiologi UI
    4. Antropologi UI
    5. Manajemen Mercu Buana, jadwal kuliah masih cari info tapi yang pasti ada malam dan ada weekend. lokasi untungnya bisa pilih dan saya pasti pilih depok, di gedung LIA depok sono.

    saya paling minat sama nomer 2,3,4 cuma saya gatau jadwal kuliahnya gimana, apakah ada malem dan/atau weekend atau engga, paper dan presentasinya gimana, beban kuliahnya gimana. kalo nomer 1 saya tergiur sama program non-thesisnya mbak, pasti mengurangi beban kuliah banget dong jadi bisa fokus di kerja buat naikin gaji haha. kalo nomer 5 jelas menang di lokasi dan beban kuliah karena ada beberapa blogger bilang beban kuliahnya ga terlalu berat. menurut mbak saya harus pilih yang mana?

    • Halo Arcan!
      Wah aku gak tau kamu sekarang S1-nya apa jadi aku gak bisa nyaranin baiknya ambil jurusan apa. Tapi sudah pertimbangkan nantinya mau kerja apa kah? Soalnya setau aku gak banyak lulusan sosiologi dan antropologi yang bisa kerja sesuai jurusannya waktu kuliah. Sayang aja menurutku kalo kamu udah capek2 kuliah S2 tapi nantinya gak kepake di pekerjaan.. Kalau boleh nyaranin siiiiih, mending kerja dulu aja barang setahun. Kamu masih muda lhooo, mending kerja dulu jadi ketika S2 bisa disesuaiin sama kebutuhan pekerjaan kamu nantinya.

      Paling aku kasih beberapa wacana aja kali ya..
      1. Emang sih ada beberapa orang yg bilang yang penting ada gelar S2 dulu. Kalau mengikuti pendapat itu aku bilang mending kamu ambil jurusan manajemen. Karena manajemen pasti kepakenya mau kerja di industri apapun juga jadi kamu lebih fleksibel nantinya untuk cari kerja.
      2. Kalau mau nyari yang mungkin bisa disambi kerja ya LSPR karena setauku di sana suka ada project sampingan buat mahasiswa.. *duh mudah2an gue gak sotoy. hahaha*
      3. Kalau sosiologi UI memang kelas malem setau aku. Senin-Sabtu tapi aku gak tau hari apa aja, mungkin tergantung jadwal ya. Presentasi sama tesis kalau UI mah berat2 aja aku bilang. Hahaha..
      4. Nah yang antropologi sama komunikasi aku gak tau, tapi harusnya gak jauh beda sama sosiologi ya jadwal dan beban kuliahnya๐Ÿ™‚

      Sukses yaaa!

Leave a Reply

