the four-legged asylum seeker

Jika membaca berita tentang bencana, baik bencana alam maupun buatan, ada beberapa istilah seperti refugee atau pengungsi, ada lagi asylum seeker atau pencari suaka. Kedua term ini sering tertukar maknanya. Menurut situs UNHCR, asylum seeker merupakan

Someone who says he or she is a refugee, but whose claim has not yet been definitively evaluated.

*kemudian dibedil pembaca* *akibat kangen jadi fasilitator pelatihan*

Jadi, hari Selasa malem Bravo jadi asylum seeker a.k.a pencari suaka di rumah gue. Begini ceritanya… *bagi2 biskuit regal buat cemilan pembaca* *pinjemin bantal sama kasur lipet* *lalu pembaca pada ngorok~*

Selasa sore itu, Bravo ngikutin gue sama Mbee pulang ke rumah. Padahal biasanya anak malas gerak ini paling ogah ngikutin kalo kami naik motor. Main sebentar di rumah gue sambil nunggu Mbee sholat magrib, terus kami nganterin dia pulang. Cencunyaaaa pake leash lah ya biar dia ga keluyuran di tengah jalan.

Pas sampe deket kandang, leash dan collar-nya dilepas kayak biasa dan Mbee ngajak main bola di halaman sebelah kandang. Gak lama, ada beberapa orang masuk ke kandang Bravo terus ngomong2. Salah satunya itu anaknya yang punya Bravo. Kirain yah mereka pada mau ganti lampu kandangnya karena emang mati dari sebulan yg lalu.

Gak taunya dong dong dong, mereka ngeluarin 1 kandang plastik dari dalem mobil dan isinya…………. *drumroll*

ROTTWEILER! ITEM! GEDE!

Rottie-nya umur 4 tahun, dan jantan pula. Begitu kandang plastiknya keluar dari mobil, langsung saut2an deh itu anjing dua. Tau2 rottie-nya dikeluarin aja dong dari kandang plastik itu dan ditempatin di kandangnya Bravo. Ya udah deh yg 1 ngamuk karena kamarnya tiba2 diambil, yg 1 stres sama tempat baru. Dipakein collar langsung copot terus karena…. Ya…. Bocahnya lagi ngamuk. -_-”

Akhirnya Bravo gue seret ke seberang jalan dan gue kekepin meskipun dia meronta2. Pacarnya anak yang punya itu nyuruh gue pakein leash ke Bravo biar bisa disuruh diem. Tapi mana bisa kakaaaaaak! Akhirnya gue peluk dan gue kempit sambil gue ajak ngomong. Awalnya dia masih bunyi2 heboh. Miris dengernya.. Itu lolongan frustrasi, marah, sedih, kecewa. Akhirnya mau dipakein collar yang bener setelah dia agak tenang. Egileeee aku butuh Cesar Millan banget tuh kemaren! Tadinya pun dia gak mau pas Mbee nawarin regal, tapi esmosih jiwa raganya itu bikin laper kayaknya *ahem anak siapa sih??* jadilah makan regal terus minum yang banyak. Untungnya sih Mbee sempet nyelametin mangkok minumnya Bravo dari jajahan si rottie. Ahahaha..

Kalo hari biasa sih ya udahlah ya, karena Bravo biasanya juga tidurnya ngawur kan dilepas aja di halaman. Tapi malem itu hujan bo.. Dibawa masuk ke halaman pasti ribut doang karena ketemu sama pomeranian yg di dalem. Kemaren kita sempet neduh di halaman rumahnya udah ribut aja anjing 3 panjat2an dan main2.. Ya walopun lucu sik pomer-nya udah kayak kurcaci dan Brapohh kayak raksasa.. Hihihi..

Akhirnya daripada Bravo semaleman gak ada tempat buat tidur, dia dibawa ke rumah gue. Pinjem mangkok makan sama minta dog food sedikit dari bude gue karena gue gak nyetok dog food kering dan malem2 hujan jauh dari pet shop pula. Yang penting ini bocah ada makanan deh malem sama paginya.. Btw, bude gue ada 14 uguk di rumahnya. Jadi perkara mangkok makan sama dog food dikit sih pasti ada.. Namapun emerhensi yah.. *lap keringet*

Malemnya sih dia agak gelisah karena gak biasa sama tempatnya. Gue sampe pindah tidur ke kamar depan biar bisa nenangin dia kalo sampe malem2 ribut. Alhamdulillah gak ribut sama sekali sampe pagi.. My good boy.. :’)

And theeeen, semacam kurang drama aja gitu hidup gue semalemnya, I got some issues yang bikin gue gak bisa ngantor. Padahal baru niat mau bolos demi nemenin si bocah. Alhamdu?? Lillaaaaaah.. :’)  So, subuh2 gue pakein leash ke Bravo dan ngajak jalan di depan rumah sebentar buat pipis, terus sarapan. As I’m typing this on my BlackBerry, bocahnya lagi gelesotan di depan teras rumah gue. Sambil garuk2in kaki gue cari perhatian. Dan sesekali mewek meratapi nasib..

Update: Akhirnya Bravo si asylum seeker dadakan udah gue balikin ke rumahnya, dan rottie-nya udah dipindah ke dalam rumah, jadi Brapohh si Goberian cerewet kembali menempati kandangnya. Yihuuuuuu! Aku deh patah hati pulang2 rumahku sepi, padahal diinepin semalem doang. :’)

2 thoughts on “the four-legged asylum seeker

Leave a Reply

