lessons learned from that kiddo

It’s been more than a month gue sama Mbee main ibu2an bertiga sama Brapohh. Eh now I feel you loh ibu2 bekerja di luar sana. Gue kalo kuliah malem aja suka tiba2 kangen sampe bego gitu sama si bocah manja. Obatnya ya cuma ngeliatin foto2nya di HP gue. Ini gimana nanti kalo punya anak beneran hah? Mau jadi apa gue?? X_X

Sekarang kalo lagi di kampus, bawaannya pengen cepet2 pulang, mau main sama bocah. Punya duit lebih dikit, pengen segera meluncur ke Ace Hardware buat beli camilan baru. Kalo lagi miskin? Regal aje ye bos kecil!😀

Target gue sama Mbee gak muluk2. Bravo behave nicely among people but he knows that he is being loved by us unconditionally. Usually, kami ngajarin Bravo sambil main dan ngemil. Selain memperkuat basic rules yang udah pernah dia tau, tentunya buat ngajarin hal2 baru dong yaw. Harap diingat, sebagaimana mak bapaknya ini, Brapohh itu amat sangat food oriented. Regal is the best choice buat ngelatih dia. Baunya gak terlalu strong tapi si bocah doyan. Dibawain meat jerky atau dentastix mah samiaji kibulnye! Adanya dia bakal lari2 menggila sambil kipit2in buntut ngejar2 siapapun yang lagi megang camilan. -_-”

So far, sekarang dia udah ngerti kode COME dan HAND! Keplok2 tebar2 confetti dong buat anak akuuuhhh! :3

Jadi kenapa gue amat sangat bangga sama progres si bocah? Soalnya dulu tuh doi salaman pilih2. Maunya sama Mbee aja. Itu juga kudu dipaksa dengan berbagai bahasa: SALAMAN, HAND, PAW, dsb. Sekarang? Setelah latihan intensif dan efek terpisah seminggu dari gue, dia sukarela nyodorin kaki depannya kalo kita bilang HAND dan nadahin tangan. Sama mbak Arie juga kemaren mau salaman. Seringkali nih ya, kalo disamperin dan kita berdiri di depan kandang, dia nyodorin kakinya tanpa disuruh. Oh I hope I won’t jinx this! >.<

Berikutnya, ngajarin dia buat udahan main dan masuk kandang cause it’s bed timeeee! *gue sama Mbee ngajak main seringnya malem* Awalnya susah. Kudu dipancing pake dentastix atau meat jerky. Maabkeun, anak angkat kami sangat cepat mengadopsi karakter simboke dan sibapake, yaitu food oriented..😀
Terakhir sih dipancing pake Regal udah mau. Abis itu masih dikasih meat jerky sih sepotong buat hiburan. Abis itu ritual mau bobo pun berlanjut. Badan nemplok kandang, mata lirik2 gue. Kalo gue menjauh, ruiiiibuuuutnya setengah mati. Telunjuk sakti pun beraksi. Hehe.. Gak pake ngebentak atau nada tinggi sih, gue cuma ngacungin telunjuk sambil ngomong,

No. Bravo good boy. Good boy no barking. Bravo no barking. Stop!

Ih baru sadar, pake silogisme! Ahahahaha.. Etapi dia paham lho. Alhamdulillah.. Keplok2 lagi buat bocah berbulukuuuu! :3

Apa ya, sejak main ibu2an begini, gue belajar banyak hal yang kayaknya sih temen2 gue yang udah pada jadi ibu tuh belajar langsung sama bayi manusia. Gue sama Mbee belajar lewat Brapohh. Belajar gimana rasanya love at the first sight dan belajar bahasanya dia. He rarely barks. Dia cuma bunyi kalo nyium bau meat jerky, atau kalo gue sama Mbee baru sebentar main sama dia terus jalan ngejauh. Gue, especially, belajar gimana nerjemahin ekspresi mukanya. Gimana cara dia nunjukkin rasa suka atau engga sama apa yang gue dan Mbee lakuin. Gimana cara dia bilang “iya”, kapan dia mau dipeluk, kapan lagi mau main2 sama bapake, this and that..

Buat gue yang menganggap bayi manusia itu another scary creature to handle, belajar memahami anjing could be a good start to learn this adulthood issue. Yea, anggep aja lagi latihan untuk gak jadi orang yang self-centered lah ya. Biasanya kan pulang tuh bawaannya mau tidur. Ini secapek apapun gue usahain mampir ke tempat bocah dan ngajak main. Satu, buat ngehibur diri sendiri karena seberat apapun hari gue, kalo ketemu Bravo, rasanya masalah jadi ringan banget. Dua, buat ngajarin dia bahwa he is loved by us. Tiga, belajar tegas. Gue tuh orangnya gak tegaan marahin orang lain. Semacam manusia submisif gitu deh. Tapi sama Brapohh, gue belajar buat tegas, berbekal telunjuk sakti dan muka kenceng. Padahal mah abis itu COME TO MOMMY!!!! UNYEL2 SINIH!! *gemes*

Eh terus apa kabar tuh yang punya Bravo? Teuing. Hahahahahaha.. Kurang paham juga gue. Kayaknya mah sebodo amat gituh anjingnya diajak main sama gue dan Mbee.😀

Relationship gue sama Mbee sebenernya gak dipengaruhi secara signifikan pada LOS 0.05 sih, tapi berasa aja ada hal lain yang berperan di hubungan kami. Gue sama Mbee sekarang venue pacarannya gak lagi di mal. Kalaupun nge-mal, pasti nyari yang ada Ace Hardware-nya sambil diskusi depan rak makanan anjing, besok beli apa lagi buat si bocah. Sisanya? Ya pacarannya sambil main sama si bocah. Sehat karena keringetan, bahagia karena si hormon2 pemuncul kebahagiaan nyembur kemana2.

Still, gue sama Mbee pengen banget bisa adopt dia. Seandainya dikasih gitu kan.. Tapi yah, lagi2 dari hal ini gue belajar bahwa gak semua hal yang gue mau bisa gue dapetin.🙂

Oh well, ngomongin lessons learned sebenernya ada banyak banget kalo mau ditelaah. Ada Brapohh sebagai pihak ketiga di hubungan gue sama Mbee juga udah merupakan pembelajaran tersendiri. I am beyond happy dan merasa lebih menikmati hidup. Gimana sih ya, knowing that a cute creature loves you unconditionally and wants you to love him back also unconditionally tuh bikin gue jadi ngerasa lebih berarti. Providing love for this four-legged kid costs nothing, but indeed, I get so much things in return. Semoga ke depannya ada makin banyak hal yang bisa gue pelajari dari Brapohh, and vice versa.

Baiklah, postingan ngelantur ini akan gue tutup lagi2 dengan foto si bocah yang mukanya kegirangan karena dicium sama perempuan (baca: gue).

*cubit pipi Brapohh*

6 thoughts on “lessons learned from that kiddo

  1. chie, si bravo di kandangin di dalem rumah kan? majikannya ga masalah itu kalo lo ajak ke luar hihihi kalo ga masalah ya mending lo adopt sekalian😆 abis tiap baca kesan yang gue dapet majikan bravo ga peduli sama dia. kacimaan anak kicik😥

    • Dia dikandangin di tempat parkir di seberang rumahnya, Peps.. Yang punya juga sebodo amat gituh yah aku juga bingung kenapa dia ga negor aku sama Mbee for playing with his dog. Tapi diminta ga boleh loh, udah banyak yg blg pengen adopsi Bravo.. Kalo boleh sih mari angkut si anak kiciiiiikkk!

      • duduuuu tapi dikasih makan ga chie? bisa gitu ya sebodo amat. padahal banyak yang care sama bravo, mending diiklasin aja daripada bravo ga bahagia.

      • Guess whaaaat, yg peduli sama dia tuh cuma mas2 pembantunya! Ngasih makan sih, terus dimandiin & bersih juga. Tapi ya kapasitasnya kan ga cukup “cerdas” buat ngajak si bocah main atau secara konsisten ngelatih gitu.. Yg punya cuma komen “Ih dia kan jorok..” waktu aku lg main sama Bravo.. -_-“

      • lhaaaa kenapa di pelihara coba? mana anjing segede gitu pula. salah-salah nanti dia sakit hati terus makan majikannya berabe😆

      • Hihihi kurang tau juga yaaa kenapa masih dipiara. Tapi di halaman dalem mereka miara 1 pomeranian kok. Dan diajak main sama yg punya..😀

        Oh nasib si anak kicik jd anak tiriiii.. T.T

Leave a Reply

