pentingnya SOPP.

Waktu masih jadi tukang SOPP alias tukang ngembangin Standard Operation Procedure and Policy, kadang gue suka iseng mikir: siapa juga yang bakal baca2 apa yang gue tulis ini?? Hahaha..

Ternyata, manfaat SOPP itu signifikan sekali dalam hidup, bung!

Kalau gak ada standar prosedur, bisa suka2 yang ngejalanin lho. Pagi bilang A, siang bilang B, besok balik A lagi, tiba2 jadi Z. Nahloh nahloh anak orang dinangisin. Pe-er banget kan ngerjain sesuatu yang boncel2 labil begini..

Coba kalau ada standarnya, kan enak.. Habis tahap 1, lanjut ke tahap 2. Kalau gagal, balik ke tahap 1. Bisa juga ada tahap alternatif, yaitu tahap 3.
Terus kalau ada standarnya, bisa ditentuin juga tahap 1 mau berapa lama, tahap 2 berapa lama, dst.
Kebijakan itu juga bikin gampang karena ada aturan yang mengikat proses tersebut sehingga lebih jelas dan firm lagi standarnya. Jadi yang ngejalanin juga enak karena ada yang melindungi dia dari kemungkinan2 gak menyenangkan yang bisa terjadi selama suatu proses.

Gue percaya dan udah ngalamin sendiri bahwa suatu proses bisa berjalan tanpa adanya standar2 itu. Tapi nyatanya berantakan tuh, dan perlu dibenahi dengan membuat standar2 tersebut. Kalau nggak, udah yang ngerjain bingung, yang menghadapi bingung, terus aja semua bingung. Pegangan bareng2 deh. Hahaha..

Akhirul kalam, SOPP itu penting bung. Mutlak adanya ini perlu untuk mencegah kelabilan selama pengerjaan suatu proses. Gimanapun yang sudah terstandardisasi memberikan rasa aman yang lebih kan?? Iya kan?? IYA KAN?? *gak santai*

Okelah kalau begitu. Beneran akhirul kalam ini sekarang. Selesai sudah ocehan daku tentang SOPP. Sekian dan terima batagor kingsley + bubur ayam Jamsostek. #kode

Sent from Achie’s black gemstone.😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s