pak warno

Gara2 notes dian di facebook tentang senyum dan sapa utk pegawai kampus *dosen, karyawan, satpam, org kantin, dsb*, gue jadi inget pak warno, penanggung jawab lab komputer di kantor.

Gue kenal pak warno baru sepanjang masa kontrak kerja gue. 6 bulan. Jarang ngobrol juga karena ruang kerja gue + teman2 dan ruang kerja beliau terpisah jarak yang lumayan butuh effort kalau mau ngobrol. Gak bisa sekali tengok langsung bisa ngobrol. Obrolan gue dan pak warno biasanya sih berkisar di pamit pulang, saling nyapa ketika pagi2 baru dateng, atau titip menitip lantai atas kantor ketika salah 1 pihak mau pergi. As simple as that.

Beberapa minggu lalu, gue terlibat percakapan dgn beliau ketika gue lg ngambil minum di ruangannya.

Pak Warno (PW): andrina, nanti sama teman2 lanjut kerja di sini lagi ndak semester depan?
Gue: waduh nggak tau pak. Belum ada omongan sama pak bos. Kenapa emangnya?
PW: ya kalau udah pada ndak di sini lagi kan bapak jadi sendirian lagi deh di atas..
Gue: *seketika terdiam*

Gue dan pak warno memang gak sesering itu berinteraksi. Gue dan teman2 jarang keluar dari ruangan juga jadi gak pernah segosip2 itu sama beliau. Tapi gak pernah nyangka aja dengan keberadaan kami + sapaan2 sederhana bisa bikin beliau gak merasa sendirian dan kehilangan ketika kami gak di situ lagi!

Pak warno emang ‘bukan siapa2’ di kantor. ‘Cuma’ penanggung jawab lab. Tapi siapa sangka sih dengan interaksi sederhana gue dan teman2 suka dapet tebengan dari rektorat kalau kebetulan ketemu beliau. Atau dapet makan siang gratis ketika ada pelatihan di lab.๐Ÿ˜€

Jujur, gue gak pernah tau pak warno punya anak berapa, alamatnya di mana, umurnya berapa, istrinya berapa. #eh
Gue cuma tau beliau tinggal di depok, salah 1 anaknya keterima di UI tahun ini, anak bungsunya masih TK, dan beliau suka main badminton setiap senin sore di kampus. Gue dan pak warno gak se-saling mengenal itu. Tapi kepikiran juga sih gue akan kangen banget sama beliau ketika udah gak kerja di situ. Kangen suara kerincingan kuncinya ketika jam 4 sore, khususnya. Tanda gue dan teman2 diusir dari kantor. Hahaha..

Notes dian benar2 menyadarkan gue bahwa apresiasi sekecil apapun terhadap eksistensi seseorang bisa membangun hubungan timbal balik ke arah yang positif. Hey, mereka yang kadang ‘gak keliatan’ itu sama manusianya lho sama kita. Mereka juga bisa ngelawak, bisa sedih, bisa curhat juga kalo kepepet, bisa macem2, sama kayak kita! So, kenapa tidak memperlakukan mereka sebagaimana kita ingin diperlakukan??

Dulu suka dibilangin sama nyokap gue, “jangan nyubit kalau gak mau dicubit”. We don’t know what lies ahead waiting for us. Siapa tau orang2 yang ‘gak keliatan’ dan kadang kita remehin malah jadi orang tempat kita menggantungkan nasib. Haha gue lebay banget deh. Tapi ya begitulah. Be nice and be kind to everyone. Udah gak jaman beda2in kasta kaleee..๐Ÿ˜€

P.S. Pak warnooooo, aku sama teman2 extend lho sampai semester depan! Bapak gak sendirian deh di lantai atas..๐Ÿ™‚

Notes dian yang super inspiratif itu bisa dibaca di ยป http://m.facebook.com/note.php?note_id=10150244257020796&refid=22&_rdr#10150244390505796

Sent from Achie’s black gemstone.๐Ÿ˜‰

2 thoughts on “pak warno

    • Bener banget kak. Bahkan orang introvert juga butuh orang lain buat diajak ngomong. Kasian kalo pak warno ngomongnya cuma sama kunci & komputer pas lg di kantor..๐Ÿ˜ฆ

Leave a Reply

