double chocolate pie

neng gogo, ini resep pie-nyaaa..
maap gak pake foto, tadi nyari2 di laptop ternyata gak ada foto waktu bikin2 dulu. hehe..
oiyaa.. buat variasi, adonan isinya bisa diganti pake whipping cream yang buat kue ulang tahun itu. dikocok, terus waktu itu aku bikin pake strawberry segar yang dipotong agak tipis *kira2 0,5 cm* terus dicampur sama whipping cream yang udah dikocok. masukin kulkas, beres deh pie-nya.😀

kulit pie:
450 gr terigu
30 gr cokelat bubuk
1 sdm gula pasir halus
1 sdt garam
100 gr mentega tawar, dinginkan
75 gr mentega putih, dinginkan
3-4 sdm air es

adonan isi:
200 gr dark cooking chocolate
125 gr mentega tawar
3 butir telur
1 sdt kopi instan, larutkan dg 1 sdm air panas
75 cc susu
75 cc whipping cream
150 gr gula palem

cara bikin kulit pie-nya:
terigu+gula+garam dicampur di wadah bersih
masukin mentega tawar+putih, potong2 dgn 2 pisau sampai berbutir2 *kayak bikin kaastengels gitu lhoo*
masukin air es, aduk dgn garpu sampai menyatu, uleni dgn tangan sampai rata
masukin kulkas selama 1 jam *sampai si adonan bisa dibentuk*
terus adonan yang udah jadi ini digiling sampai ketebalan kira2 0.3 cm, bentangin di atas loyang pie bongkar pasang 24 cm. atasnya dikasih aluminium foil, tebar kacang2an.
panggang 10 menit suhu 200 derajat. Angkat foil + kacang, panggang lg 10 menit

cara bikin isi pie-nya:
tim coklat+mentega smp leleh, dinginkan
campur telur+kopi+susu+whipping cream+gula palem, aduk smp gula larut, masukkan coklat yg udah ditim, aduk rata
tuang isi ke dlm kulit pie, panggang lg 180 derajat smp isinya beku. Angkat, dinginkan.

pesan2 berhadiah:
pas manggang, alasi loyang pie dg loyang datar biar minyaknya ga merembes keluar.
kalau udah matang dan dingin, masukin ke kulkas kalo suka adonan isinya agak keras. kalo suka yang masih agak juicy ya gak usah masuk kulkas berarti. hehe..
dimakan pake es krim vanilla enak juga lhooo😀

selamat mencoba!🙂

2 thoughts on “double chocolate pie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s