kasus keluarga

holaaa! sudah weekend lagi. weekend ini lagi gak jelas banget kehidupan akademis gue. dibilang santai, gak juga soalnya senin besok udah periode UAS. dibilang gak santai, gak juga karena gue baru ada ujian hari rabu dan sekarang lagi ngerjain tugas akhir psikologi keluarga.

tugas ini sebenernya gak semenyebalkan itu, tapi karena barengan sama KAUP, yang mana benar2 menekan iman, jadi berasa agak nyebelin. jadi ceritanya mahasiswa disuruh bikin makalah tentang topik apa aja yang berkaitan dengan keluarga, nanti pake wawancara subjek dan dianalisis.

makalah gue sendiri mengangkat topik “keluarga yang baru memiliki bayi dan tinggal bersama extended family. as we know, di indonesia hal kayak gini udah lazim banget yaa. gak cuma karena alasan finansial, tapi kadang karena emang pihak orang tua yang gak mau ditinggal sama anak yang udah menikah. subjek udah gue wawancara, teori udah dapet, tinggal analisis. dan dongoknya, gue belum bikin latar belakang😀

jadi gue mewawancara sebuah keluarga muda yang tinggal bersama orang tua si istri. bapaknya si istri sering tugas ke luar kota. si istri ini juga ibu rumah tangga yang kebetulan jarang membantu kerjaan di rumah. setelah punya anak, dia merasa ibunya terlalu sering menggerecoki dan meremehkan dia dalam hal pengasuhan anak.

tugas gue emang baru mau masuk bagian analisis, tapi sekilas bisa gue lihat kalau masalah mereka sebenarnya adalah masalah komunikasi. si ibu merasa sudah berpengalaman, si anaknya merasa “lha ini anak gue kan santai aja mak!” wajar sih kalau ibu sama anak perempuannya berkonflik, karena ada penelitian yang menyebutkan bahwa hubungan ibu dan anak perempuan selain paling dekat di antara hubungan sama anggota keluarga lain, juga merupakan hubungan yang paling rentan konflik. nah lhoooo.. hahaha..

yah, gue tidak mau membela ataupun menyalahkan salah satu pihak sih dalam kasus yang gue hadapi itu. tugas gue kan cuma analisis, bukan intervensi. hehe..

baiklah, gotta get back to work. bye bye..😉

2 thoughts on “kasus keluarga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s