me, rambling about change.

semua orang tentunya mau berubah buat jadi lebih baik. tapi 1 hal yang seringnya kurang disadari oleh kita: perubahan itu gak bisa instan.

kita bukan pop mie yang guyur-air-panas-tiga-menit-jadi. perubahan=belajar. ada prosesnya. meskipun goal kita adalah keberhasilan dalam berubah, tentu yang harus dihayati adalah prosesnya. bagaimana kita berjuang untuk menjadi lebih baik. bagaimana kita merasakan jatuh saat berusaha, bangkit lagi, jatuh lagi, bangkit, berhasil. itu yang perlu dihayati, bukan tau2 kita berubah. no, kita juga bukan power ranger.

membaca status facebook seorang teman yang bilang ingin berubah secara cepat membuat gue miris. hey! gue saja yang secara umur lebih tua dari lo butuh waktu lama untuk bisa berubah. ini pun gue masih dalam proses belajar buat jadi lebih baik. gue gak ujug2 jadi gue yang sekarang.

proses belajar gue dimulai dari sebuah kehilangan. perubahan itu terjadi pelan2. bertahap. udah 5 bulan sejak gue kehilangan, dan gue masih terus belajar. terlalu banyak yang harus gue pelajari, dan gue menikmati prosesnya. jatuhnya, gagalnya, berhasilnya, dapet reward karena keberhasilan gue dalam hal2 kecil, dan lain2.

gue sadar banget, perubahan itu gak bisa dilakukan dengan menuntut lingkungan untuk memahami kita. kita harus memahami lingkungan juga. jangan menuntut kalo lo gak mau dituntut balik. susah sih buat nerapinnya, tapi harus dipelajari kan? gue gak akan nyerah buat belajar jadi orang yang lebih baik lagi.šŸ˜€

gue berusaha menghindari komplain tentang lingkungan, tentang teman2 terdekat gue. mereka, seperti halnya gue, punya kelebihan dan kekurangan masing2. kalo gue mau, ada aja yang bisa gue komplain dari mereka. si ini begini, si anu begitu, gak ada habisnya. tapi mencoba mensyukuri aja. 3 teman terdekat gue punya kualitas persahabatan yang gak akan bisa gue ungguli. gue pun gak mau merebut atau mengacaukan itu. as long as kami nyaman satu sama lain, ya udah.

pada akhirnya, kita bisa berubah kalo kita emang mau berubah. kuncinya cuma 2: jangan gampang nyerah dan jangan banyak comel buat menuntut.šŸ™‚

Leave a Reply

