ada sebuah mayat :p

tadi pagi *sepertinya* ada kecelakaan gak jauh dari rumah gue, tepatnya di jalan TB simatupang. gue denger sih dari tukang ojek gue, katanya ada kecelakaan, entah bus sama angkot atau apaa gitu. terus ada yang matek.

sepaaaaaanjang jalan menuju jalan raya TB simatupang itu macet cet cet. semua orang teriak2 heboh nyuruh maju. semua orang main klakson. gue? stres di atas ojek karena bau knalpot. terus di seberang tempat gue nunggu anchot, tergeletaklah sebuah, eh, seorang, er.. seonggok mayat yang ditutupi kertas koran di atas trotoar.

okaaaay, itu adalah kali pertama gue ngeliat mayat korban kecelakaan secara live. maklum, biasanya cuma liat dari tipi. hehe.. tapi gue gak norak nyeberang jalan buat liat kok. gue belom sekhilaf itu😀

ternyata emang bener ya apa yang dipelajarin pas gue kuliah psikologi sosial dulu, tentang bystander effect. itu tentang fenomena orang2 yang kalo ada suatu kejadian, mereka cuma nonton instead of nolongin. lengkapnya bisa dibaca di sini.

tadinya gue pikir itu cuma kebiasaan orang2 dusun yang kurang kerjaan dan malah nontonin suatu kejadian. ternyata emang beneran ada teori tentang itu. dan itu umum terjadi di berbagai negara, suku, agama, dsb. wah, berarti boleh kepo’. hahaha..

Leave a Reply

